rolland
Blog Universitas Komputer Indonesia

KONVERGENSI MEDIA DI ERA GLOBALOSASI

KONVERGENSI MEDIA DI ERA GLOBALOSASI
konvergensi adalah topik yang akan diangkat ketika mendiskusikan mengenai media baru. Namun, sulit untuk menyimpulkan tren global yang sedang terjadi dalam konvergensi media secara singkat, mengingat ada beragam respons yang muncul. Namun, secara umum, konvergensi media membuat setiap negara dan wilayah di dunia masuk ke dalam suatu yang sulit diprediksi akibat dialektika yang terjadi. 
 
contoh informasi yang dapat dikonvergensikan adalah suara (voice), teks, video, gambar, dan bunyi (sound). adapun  yang mudah kita lihat adalah salah satu produknya, sebagai hasil perkembangan terkini pada teknologi mobile. Handphone yang Anda miliki sekarang bisa melakukan fungsi kalkulator, juga bisa untuk menonton siaran TV, mendengarkan siaran radio, membaca suratkabar online, menerima dan mengirim e-mail, memotret, merekam suara, merekam gambar video, selain tentunya untuk menelepon dan mengirim SMS
 
Konvergensi media memungkinkan para profesional di bidang media massa untuk menyampaikan berita dan menghadirkan informasi dan hiburan, dengan menggunakan berbagai macam media.

Komunikasi yang sudah dikonvergensikan menyediakan berbagai macam alat untuk penyampaian berita, dan memungkinkan konsumen untuk memilih tingkat interaktivitasnya, seraya mereka bisa mengarahkan sendiri penyampaian kontennya.

Konvergensi media memungkinkan audiens (khalayak) media massa untuk berinteraksi dengan media massa dan bahkan mengisi konten media massa. Audiens sekarang dapat mengontrol kapan, di mana dan bagaimana mereka mengakses dan berhubungan dengan informasi, dalam berbagai jenisnya.

Jurnalisme konvergensi melibatkan kerjasama antara jurnalis media cetak, media siar, dan media Web (online) untuk menghasilkan berita terbaik yang dimungkinkan, dengan menggunakan berbagai sistem penyampaian (delivery)
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 04 Desember 12 - 02:16 WIB
Dalam Kategori : KONVERGENSI.MEDIA.DI.ERA.GLOBALISASI
Dibaca sebanyak : 734 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback